“Pledoy” Ospek Mahasiswa Baru

Dok. Sendiri

Ini bulan-bulan lagi masa OSPEK di kampus-kampus, mungkin bisa serentak se-Indonesia meskipun gak serentak dari segi tanggal, tapi serentak dalam kurun bulan.  Yang jelas identik yang melekat dengan mahasiswa (pemuda) adalah semangatnya. Jadi prosesi penyambutan harus ada berbau “greget” dari pihak kampus-kampus dan gak cuman, gak sekedar  ucapan terpampang di baliho ,’’selamat datang mahasiswa baru angkatan tahun 2012/2013″

Begitu ringannya, kalimat seperti itu. Dingin, gak ada pemantik, untuk lebih  menyulut “emosi”  mahasiswa baru.  aku mau menduga duga, karena menduga-duga dianggap  wajar dan lumrah di negeri ini.

Dugaanku masih banyak kampus-kampus di negeri ini yang hanya penyambutan mahasiswa barunya, hanya sekedar ucapan “selamat datang dan embel-embel tahun ajaran baru”. Hmm.. Begitu dinginyanya. Gak meriah, gak ada pesan yang langsung nancep di hati.

Sebernya bisa berfikir lebih bijak. Sulut mereka mahasiswa baru dengan pemantik, yang menggelorakan emosinya. Lebih dari sekedar “Selamat Datang Para Calon Pemimpin Bangsa”. Biar stok pemimpin di negeri ini tak pernah unlimeted. Tak pernah kekeringan. Jangan yang itu, itu aja yang di sorot. Atau bisa dengan roul model kalimat yang lain, yang lebih berbobot. Dan bergizi untuk perkembangan mental semangatnya.

Sambut dengan antusias, sambut mereka dengan cara yang lebih, hasilnya pasti juga akan lebih. Itu hukum alam, yang kadang kita entah lupa, atau apa dan gak memahaminya dengan pasti.

 

NB: ini artiekl kusus aku dedikasikan untuk-maba-maba (mahasiswa baru) di Seluruh Indonesia, semoga di hati mereka makin meng-Indonesiakan negerinya. Semoga tahun depan aku gak nemu lagi deh model penyambutan yang kurang antusias.

Iklan

Monggo pinarak?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s