Ocehan Penjual Sego Kucing

Mendengar nama warung angkringan, yang ada di kepala gue hanya makan-makan doang,  iya soalnya nasinya kecil-kecil gitu, makan satu biji ajak gak kenyang, kayaknya rakus deh gue, kalau gue jadi anak yang tegaan gitu, nih bungkusnya udah gue telen sekalian. Gak di rumah sana Panggul-Trenggalek, gak di Surabaya, gue hobi banget nongkrong di warung angkringan. Gue juga belum tahu sama sekali sampai sekarang siapa nama pemberi sego kuing?.  Gue tanya ke kucingnya tetangga gue yang jenis anggora, malah gak di jawab, yang ada malah itu kucing masang muka manja minta di gendong, boro-boro gue gendong, pegang bahkan elus-elus aja ogah, paling-paing kalau bekas elus-elusan Aura Kasih baru gue mau. Puji Tuhan, mesum ini pikiran gue.

Gue tanya lagi ke kucing tetangga yang sebelahnya lagi, jenis kucingnya–kucing liar yang tiap pagi nongkrong di depan pintu kost-kostan gue,  itu kucing juga gak bisa jawab, boro-boro mau jawab, kucing itu dengan enaknya telanjang bulat di depan kamar kost sebelah, lagi nyusuhi anaknya. Ya, hobiya bunting gitu, padahal buntingnya di luar nikah. Hobi poligami kayaknya.

Warung angkringan yang menjadi rujukan gue kalau di Surabaya, di depan kampus deket kost-kostan gue, kalau gak salah yang jual itu si Ucup namanya, orang asli Solo, gue gak tahu ini orang tetangganya Jokowi atau bukan. Orangnya ramah banget,  tiap gue datang ke situ, selalu di sambut, “selamat datang, selamat nongkrong,” Sumpah!! kayak pegawai Indomaret. Warungnya kecil betenda merah. Yang nge-buat gue demen suka nongkrong di situ lantaran si Ucup-nya enak di acak ngobrol, padahal mukaknya serem banget, garong aja kalah. Tapi di balik mukanya yang serem, di balik lengan kanannya itu menyimpan tato bergambar bunga mawar. Gue jadi bertanya-tanya, ini dulu mantan preman apa mantan temennya Tata dado artis itu sih.

Di suatu malam, tempo hari itu, sehabis gue kuliah, gue mampir ke warung angkringannya mas Ucup. “Selamat datang, selamat nongkrong,”

‘Iyee mas Cup….”saut gue singkat.  “Mas… franchaise mau, 12 juta aja, warung sama kayak punya ku ini,” jelasnya nawarin. “Gak punya duwit mas, ntar kalau aku franchaise terus siapa yang beli sego kucingmu,”

“Ohh..!!, iyooo wes tutukno sekolahmu sik aeh, kowe setiap hari mampir kesini yo,’’ jawabnya meminta lagi. “Mampir doang toh,’’ saut gue

“Gak!! Bantu bakar ni gerobak!, ya beli wedang jahenya kek, bantu ngabisin ni dagangan kek,”

“Iye mas Cup, entar kalau gue punya rezeki lebih, sekalian lo gue beli buat jadi juru masak di kost-kostan gue”

“Oh….. Bocah, Galek Kampret!”…

“Yang bener bocah bagus mas Cup,”

“Lha, mau bilang bocah bagus tapi masih jomblo, yo percuma toh,”

“Iyoo—iyoo wes ngalah, asemmm kowe”!.

Mungkin itu sedikit gambaran betapa riuhnya warung kaki lima itu, riuh itu yang menjadi alasan utama buat gue balik dan balik lagi ke warung itu. Buat gue ocehan Si mas Ucup menjadi hiburan tersendiri di saat carut—marutnya gue sebagai mahasiswa yang penuh mondar—mandir kayak tukang parkir. Dan satu pekan yang lalu gue pulang kampung, di kampung halaman gue warung angkrinnya cuman satu doang, satu biji, dan warung itu letaknya di tenggah kota. Sebut aja yang jualan namanya Om—Tarno. Malam itu gue ngangkrig bareng ber-dua sama temen gue, si Obos, sama si Pidho.

Berbeda banget sama warung angkringanya si mas Ucup, bedanya kalau si Ucup masih muda, tapi yang di kampung halaman gue ini udah berbau om-om gitu. Kalau si Ucup punya tato di lengan bergambar bunga mawar, sedangkan Om Tarno punya poni menceng ke kanan, semoga oranya gak ikutan menceng aja sih. Setiap habis magrip Om Tarno udah bukak, ya ampun yang ngangkring jam segituan aja udah banyak banget. Heran gue, padahal yang jualan om-om gitu aja ramenya minta ampun,  apalagi kalau yang jualan semacam bintang model Nikita Mirzani, bisa—bisa orang sekecamatan ikut ngangkring. Ngimpi kali yak, yang ada hanya di FTV, cuman Akting kalau pun toh Nikita Mirzani julan sego kucing.

Kemarin pas ngangkring gue bareng temen gue, si Pidho sama si Obos. Sebelumnya dapet kabar juga dari temen gue si Tiyok kalau, Om Tarno itu hebat banget, kata Tiyok kehebatnnya Om Tarno melebihi mesin pencari google, dan bisa dapet pengetahuan baru juga kalau ngangkring di warungnya, gue heran, makannya pulang kampunng kemarin gue kesana bertiga sekaligus tanya-tanya gitu. Sebelum tanya-tanya serius, karena malam kemarin itu perut gue lagi kosong, gue ngisi amunisi perut gue dengan manghabiskan dua gepok sego kucing. Tahu sendiri kan, logika gue gak fungsi tanpa logistik.

Gue mulai  tanya, “antara Farhat abas sama Roma irama pilih mana Pak?”

“Ora enek seng tak pilih, pilih gol put..  Sumpah”

Gue berusaha menimpali lagi, ”Lha kenapa Pak,”

“Lha ora enek podo seng beneh,”

“Ora beneh piye Pak,”

“Opo Lho.. Lek jenenge Abas kui latar belakange?”

“Pengacara toh?’’

“Iyo,’’ jawab gue formal.

“Ngerti pengacara  kuwi,

“Piye,’’

”Yang halal jadi haram, yang haram jadi halal’’

“Isek luwok aku gawe bacem,’’ saut Obos tiba-tiba

“Wong ander belo duwit kok di dadekne presiden” jawab Tarno lagi. “Lha pengacara ki po to mas, Lha koruptor di bela, seng penteng di bayar toh”? sambungnya. Masih Tarnco, ocehanya semakin seperti mendekati ending, “Lha ngono kok di pilih,”

“Enake Si Anas kae, seng pas kuliah biyen tukang nyitak boto dadi presiden, Roma iki jadi wakil, gek si Abas ki jadi menteri opo ngono, cocok, Ndoyo kukot”?

“Seng jaya bakol bacem,” timpal Pidho berkelakar.

Itu-lah secuil desas-desus kaki lima yang kalau di teruskan tak pernah berujung pada kepastian kapan akan berakhir. Buat kalian, pemantau maupun penyuka #NotedCupu ini, jangan menelan informasi tanpa adanya filter, tangkap informasi dari berbagai sumber. Dengan itu lo bisa mempermudah ambil keputusan. Tetap menjadi orang berlagak bodoh, dengan begitu lo bisa tahu mana orang yang berlagak congkak dengan ilmunya, dan mana orang yang berwibawa dengan ilmunya. Itu lah asyiknya kenapa gue selalu menjadikan Angkringan sebagai tempat tongkrongan, di situ tempat orang berkumpul dari beragam macam jenis cakakter masing-masing. Yang pasti bisa saling share.

My Twitter: Boedi.S. Totoraharjo @NotedCupu

Image representing Facebook as depicted in Cru...

Image via CrunchBase

Image representing Twitter as depicted in Crun...

Image via CrunchBase

My Facebook: Budi Santoso Totoraharjo

Iklan

10 thoughts on “Ocehan Penjual Sego Kucing

  1. fiaz berkata:

    gue berasa beda baca postingan ini. perasaan dulu pake “saya” sekarang “gue”. tulisannya udah mengalir, keren. udah bertapa di mana aja?

Monggo pinarak?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s